Pemkab Murung Raya

Pemkab Murung Raya Ikuti Rapat Virtual Pengendalian Inflasi

Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten Murung Raya mengikuti rapat pengendalian inflasi secara virtual melalui Zoom meeting pada Senin (7/10/2024). Rapat ini membahas tinjauan inflasi dan indeks perkembangan harga (IPH) minggu pertama Oktober 2024.

Rapat diwakili oleh Suria Siri, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM), Reyzal Samat, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanik) dan Jayadie Y. Dadi, Kepala Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam Murung Raya, dan berlangsung di ruang kerja Sekretaris Daerah setempat.

Kegiatan ini turut diikuti oleh seluruh Kepala Daerah se-Indonesia untuk meninjau upaya pengendalian inflasi yang terjadi di berbagai daerah.

Plt Sekretaris Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir, menjelaskan materi yang dibahas, termasuk pengendalian inflasi pada beberapa komoditi pokok yang mengalami kenaikan harga.

“Jumlah kota/kabupaten yang mengalami kenaikan harga meningkat, dari sekitar 180 minggu lalu menjadi 247 minggu ini, dengan komoditas bawang merah dan cabe rawit sebagai penyumbang utama. Kami berharap daerah dengan kenaikan IPH yang tinggi dapat melakukan introspeksi dan perbaikan untuk minggu mendatang,” ujarnya.

Dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, 425 di antaranya dijabat oleh Penjabat dan Penjabat Sementara. Pemerintah mengharapkan daerah dengan IPH tertinggi untuk melakukan upaya semaksimal mungkin dalam pengendalian inflasi, yang akan terus dipantau setiap minggu.(iis)

Back to top button