Pemkab Barito UtaraPemerintahan

Batara Expo dan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan 2024 Resmi Dibuka, Warga Padati Bandara Lama

Muara Teweh – Antusiasme masyarakat Kabupaten Barito Utara begitu besar dalam menyambut pembukaan Batara Expo dan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) 2024 yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-74 Kabupaten Barito Utara.

Ribuan warga dari berbagai penjuru kabupaten membanjiri Bandara Lama, Muara Teweh, Jumat (26/7/2024). Selain menyaksikan acara pembukaan yang meriah, masyarakat juga terlihat antusias menjelajahi beragam stand pameran yang menampilkan produk-produk lokal dan hasil pembangunan daerah.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan katambung oleh Pj Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Barito Utara, Drs. Jufriansyah, dan dilanjutkan dengan parade dari sembilan kecamatan. Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah dan Undangan terkait lainnya.

Pj Bupati Barito Utara, Drs. muhlis, dalam sambutan yang dibacakan Pj. Sekda berharap Batara Expo dan FBIMBT dapat menjadi ajang promosi produk UMKM, hasil pembangunan, dan pariwisata. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan seni budaya tradisional.

“Barito Utara memiliki keanekaragaman suku, adat istiadat, bahasa dan budaya daerah,” ujar Jufriansyah, sembari mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan selama acara berlangsung.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan seluruh masyarakat, sambung Jufriansyah, menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia penyelenggara, aparat keamanan, event organizer, para peserta pameran, serta seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini dengan sukses.

“Kepada seluruh peserta Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan untuk senantiasa menjunjung tinggi semangat sportivitas dan menciptakan suasana yang kondusif selama perlombaan,” pesan nya.

Batara Expo akan berlangsung selama 10 hari, dari 26 Juli hingga 4 Agustus 2024, diikuti oleh OPD, kecamatan, BUMN/BUMD, UMKM, dan pasar malam. Sementara, FBIMBT akan diisi dengan berbagai lomba kesenian daerah dan ditutup pada 29 Juli 2024.(man)

Back to top button