Barito Utara

KPU Bersama HMI Lafran Pane Muara Teweh Gelar Dialog Publik Pilkada 2024

Muara Teweh – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lafran Pane menggelar Dialog Publik Pilkada, berlangsung di gedung Balai Antang kota Muara Teweh, Rabu (14/8/2024), pagi.

Plh. Ketua KPU Barito Utara Paizal Rahman mengatakan dialog publik ini merupakan kolaborasi antara pihaknya dengan OKP kepemudaan serta sejumlah pihak terkait lainnya.

“Karena pada tanggal 27 November mendatang dilaksanakan Pilkada pertama serentak seluruh Indonesia kita bisa menentukan pilihan pada Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, serta Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara untuk masa bakti 2024-2029,” kata Paizal

Paizal juga menyampaikan bahwa hasil penetapan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap pada Pemilihan Umum tahun 2024 lalu.

“Hasil DPS untuk Pilkada serentak 115.091 dan DPT Pemilu 114.092, artinya ada kenaikan pemilih sekitar 999 dari pemilu sebelumnya,” jelas Paizal.

Paizal juga berharap melalui dialog publik ini pemuda tidak hanya mendulang suara atau sebagai objek pemilih, namun menjadi aktor penggerak untuk mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024.

Ketua Umum HMI Lafran Pane Muara Teweh Zulfikri menyampaikan Dialog Publik Pilkada ini bertemakan “Peran Strategis Pemuda dan Mahasiswa dalam Mewujudkan Pilkada Damai dan Berintegritas,”. Dengan jumlah peserta kurang lebih mencapai 200 orang.

“Kami dari Himpunan Mahasiswa Islam mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini bersama KPU, kita berharap kegiatan seperti ini bisa berlanjut lagi dengan kolaborasi -kolaborasi yang baru lagi,” ungkap Zulfikri.

Dialog publik dihadiri Pemerintah Daerah Pj. Bupati Barito Utara Drs Muhlis yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Barito Utara Gazali Montallatua, serta sejumlah narasumber dari KPU, Bawaslu Barito Utara, Kapolres Barito Utara, Badan Kesbangpol Barito Utara dan komisioner KPU Barito Utara periode 2013-2023. (yusma)

Back to top button