Pemkab Barito Utara

Asisten I Setda Pemkab Barito Utara Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan

Muara Teweh – Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara melalui Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Bidang Pemerintahan dan Kesra Eveready Noor menghadiri pelantikan Panwaslu Kecamatan Se- Kabupaten Barito Utara di Hotel GH Senyiur Muara Teweh, Sabtu (25/5/2024).

Pj. Bupati Barito Utara Drs. Muhlis dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra Eveready Noor menyampaikan atas nama masyarakat dan pemerintah mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Panwaslu Kecamatan se- Kabupaten Barito Utara yang baru saja dilantik.

“Semoga dengan dilantiknya saudara-saudara menjadi anggota Panwaslu Kecamatan, jalannya pemilihan Kepala Daerah serentak nantinya akan berjalan dengan aman dan lancar,” kata Eveready Noor.

Menurut Eveready Noor seperti yang diketahui bersama bahwa Pemilihan Kepala Daerah adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat, sehingga diera keterbukaan seperti yang di hadapi saat ini, masyarakat serta segenap pemangku kepentingan, telah semakin kritis dan semakin memahami keberadaan pemilihan Kepala Daerah sebagai wahana untuk mengubah harapan menjadi kehidupan berdemokrasi yang lebih baik melalui pergantian pimpinan daerah.

“Tingkat satu yaitu Gubernur dan Wakil Gubernur maupun daerah tingkat dua Bupati/ Wakil Bupati atau Walikota/Wakil Walikota, dengan demikian kita bersama mempunyai tanggung jawab untuk mengawal dan mengawasi terselenggaranya pemilu kepala daerah serentak di bulan November mendatang di Kabupaten Barito Utara secara langsung, umum, bebas, dan rahasia (luber), jujur, dan adil (jurdil), aman, tertib dan bertanggung-jawab sesuai tahapan yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan berpedoman pada adanya kepastian hukum, tertib dalam penyelenggaraan pemilu secara terbuka, akuntabilitas, efisiensi dan efektivitas,” jelasnya.

Selain itu, hal ini menjadi tugas dalam menyempurnakan kesuksesan jalannya demokrasi yang transparan, tidaklah berlebihan apabila dikatakannya bahwa peran anggota Panwaslu Kecamatan yang diemban adalah merupakan bentuk perwujudan kerjasama dan pendekatan yang sangat positif, yang diharapkan adanya persamaan bahasa dan persepsi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pengawasan pemilu di Kabupaten Barito Utara.

“Tugas dan wewenang panwaslu, dalam garis besarnya bertujuan untuk mengawasi penyelenggara pemilihan umum yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat kecamatan secara berkesinambungan, maka dari itu harapan saya kepada Ketua dan anggota Panwaslu se-Kabupaten Barito Utara yang baru saja dilantik, kiranya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan yang berpedoman profesionalitas, tidak kepada proporsionalitas, diskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, serta dapat melakukan pembinaan dan pengawasan dengan baik terhadap pelaksanaan tugas Panwaslu di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa,” katanya.

Kendati demikian, katanya lagi bahwa tugas yang di emban oleh anggota Panwaslu kecamatan tidaklah mudah dan dapat dilaksanakan secara baik apabila tanpa adanya dukungan dari stakeholder terkait seperti camat, lurah dan kepala desa serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengawasi jalanya penyelenggaraan Pilkada serentak pada bulan November mendatang di Kabupaten Barito Utara.

“Saya selaku Pj Kepala Daerah mengimbau kepada perangkat daerah, camat, lurah, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta insan pers untuk dapat juga membantu memberikan pemahaman terhadap masyarakat Kabupaten Barito Utara bahwa pentingnya partisipasi masyarakat untuk suksesnya pemilu kepala daerah mendatang di Kabupaten Barito Utara, paling utama adalah menjaga agar situasi dapat berjalan dengan aman, damai serta kondusif, terbebas dari isu sara, berita hoax yang dapat memecah belah persatuan dan persaudaraan diantara kita,” jelas Eveready Noor membacakan sambutan Pj Bupati Barito Utara.

“Selamat bekerja dan laksanakan program kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tidak lupa saya sampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Bawaslu Kabupaten Barito Utara dalam mengawal suksesnya Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Legislatif yang dilaksanakan bulan Februari lalu dan untuk Pilkada serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara pada November mendatang,” pungkasnya.

Saat acara pelantikan juga dilakukan penandatanganan fakta integritas, pelantikan 27 anggota Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Barito Utara ini juga dihadiri unsur FKPD, Camat, Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu, serta undangan terkait lainnya, dan dirangkai dengan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) usai kegiatan pelantikan. (Iis)

Back to top button